Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat ORANGUTAN. Selain itu, Anda dapat melihat fauna (seperti primata, mamalia, reptil, amfibi, dan menyorotkan) dan juga tumbuhan (seperti tanaman vegetasi, bunga, jamur, dll).

Tanjung Harapan

Pondok Tanggui

Pondok Tanggui adalah stasiun kedua Taman Nasional Tanjung Puting. Ini didirikan sebagai zona manfaat khusus.Pada awalnya, Pondok Tanggui adalah daerah rehabilitasi orangutan muda yang telah siap menjadi penelitian bebas dan orangutan. Tapi sekarang, tidak ada rehabilitasi lagi, hanya untuk pariwisata.

Camp Leakey

Camp Leakey adalah stasiun ketiga Taman Nasional Tanjung Puting.Camp Leakey adalah tujuan utama turis yang mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting. Tempat ini telah terkenal oleh turis dan peneliti karena itu adalah tempat bersejarah bagi peneliti orangutan.

Pesalat

Pesalat adalah tempat reboisasi. Terletak antara Pondok Tanggui dan Tanjung Harapan. Ada banyak obat hutan tradisional di sini dan orang-orang dapat mengadopsi bibit dan tanaman mereka di sini.

Minggu, 07 Agustus 2016

Tur Suku Dayak 6 hari 5 malam

Hari 1. Bandara - Kumai - Tanjung Harapan - Proboscis Tour - perahu Rumah

Sesampainya di bandara, kami akan menjemput Anda dengan taksi bandara ke Kumai. Dari Kumai River, kita akan menyeberang ke Sungai Sekonyer selama sekitar 15 menit dengan perahu yang disebut klothok. Ini adalah awal dari tur kami ke Taman Nasional Tanjung Puting. Makan siang akan disajikan di atas kapal yang disiapkan oleh juru masak kami dengan makanan banyak variasi. Sepanjang jalan hulu, Anda akan melihat pohon-pohon vegetasi yang berbeda. Kami berhenti di stasiun pertama (Tanjung Harapan) untuk melihat makan orangutan di 15:00 Selain itu, di sore hari, itu adalah waktu yang tepat untuk melihat bekantan (monyet hidung panjang), kera, dan jenis burung. Candle light dinner akan disajikan di atas kapal dalam situasi hutan. Kemudian Anda bisa bermalam di atas kapal.

Hari 2. Rumah perahu - Pondok Tanggui - Camp Leakey - perahu Rumah

Setelah sarapan pagi di atas kapal, kita mulai untuk pergi ke PONDOK Tanggui, stasiun kedua. Di sini, ada makan orangutan pada platform di 9:00 Kita bisa melihat dan bahkan mengambil foto mereka. Kemudian kita akan kembali ke perahu dan melanjutkan perjalanan kami ke Camp Leakey, stasiun ketiga. Sepanjang perjalanan menuju stasiun ini, Anda bisa melihat kera, jenis burung, ikan, dan buaya. Makan siang akan disajikan di atas kapal. Setelah makan siang, kami berjalan di sekitar kamp. Kamp ini biasanya digunakan oleh OFI (Orangutan Foundantion International) untuk memiliki penelitian, karena ada pusat informasi di sini. Kemudian kita akan melihat makan orangutan lagi pada 2 p.m di kamp ini. Kemudian kita akan kembali ke perahu. Kita bisa mandi di sini. Setelah mandi, kami akan terus pohon palem (nipah) untuk makan malam dan bermalam. Di sini kita bisa melihat koloni kunang-kunang.

Hari 3. Rumah perahu - Kumai - Suku Dayak

Setelah sarapan, kami langsung menuju ke Kumai. Kemudian dari Kumai kita akan pergi langsung ke Suku Dayak dengan mobil. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mendapatkan Suku Dayak. Makan siang akan disajikan di jalan. Sepanjang perjalanan menuju Dayak Kubung, kita akan melihat perkebunan kelapa sawit dan bukit-bukit yang indah. Kami akan tiba di Suku Dayak di sekitar 3:00 Lalu kami berhenti di "rumah betang" atau rumah panjang. Kami akan beristirahat pada saat di tempat ini. Setelah itu, kita akan berjalan-jalan di sekitar desa. Pada sore hari, kita kembali ke rumah betang untuk mandi dan kemudian makan malam. Setelah makan malam, akan ada upacara yang diselenggarakan oleh warga untuk menyambut kami. Ada musik dan tarian tradisional. Kita bisa bergabung dengan mereka dalam upacara ini. Ketika upacara selesai, kami akan menginap di rumah ini.

Hari 4. Suku Dayak

Setelah sarapan pagi di rumah betang dengan makanan khas mereka, kita akan pergi trekking ke hutan ditemani orang desa. hutan di sini masih asli. Kita akan melihat flora dan fauna yang menarik, menghirup udara segar dari terdalam dari hutan. Pada tengah hari, kita akan makan siang di hutan dimasak oleh penduduk desa dengan makanan khas mereka. Di sini kita akan melihat bagaimana mereka memasak makanan hutan. Dan juga kita akan melihat dan belajar bagaimana mereka bisa hidup dari hutan mereka. Setelah makan siang, kami terus kami trekking untuk melihat lebih lanjut tentang kebiasaan mereka. Setelah trekking, kami akan berhenti di tempat tertentu di hutan untuk mengambil mandi, makan malam, dan menginap semalam.

Hari 5. Suku Dayak - Pangkalan Bun (Hotel)

Setelah sarapan pagi di hutan, kita akan pergi ke peternakan tradisional mereka. Kami akan melihat dan belajar bagaimana mereka bertani. Kita bisa bergabung dengan mereka untuk bertani. Dekat pertanian mereka, ada air terjun. orang desa menggunakan ini untuk tenaga listrik. Setelah berjalan-jalan di pertanian mereka, kita kembali ke desa (rumah betang) untuk makan siang dan mempersiapkan untuk kembali ke bun Pangkalan. Tiba bun Pangkalan, saya akan membawa Anda ke hotel. Anda akan makan malam, mandi, dan bermalam di sana.

Hari 6. Hotel (Pangkalan Bun) - Bandara

Setelah sarapan pagi di hotel, kami langsung ke bandara untuk mengambil penerbangan Anda. Tetapi jika penerbangan Anda di sore hari, saya akan membawa Anda untuk memiliki tur kota untuk pasar tradisional di bun Pangkalan. END TOUR

Jumat, 15 Juli 2016

Camp Leakey

Camp Leakey adalah stasiun ketiga Taman Nasional Tanjung Puting.
Pada awalnya, pada tahun 1971, Prof. DR. Birutte Galdikas dengan suaminya Rod Brindamour melakukan penelitian tentang orangutan di Camp Leakey. Nama Leakey diambil dari nama terakhir dari guru Prof. DR. Birutte Galdikas dari Kenya, Louis Leakey, sebagai penghargaan dari DR. Birutte kepadanya. Selama bertahun-tahun, DR. Birutte Galdikas melakukan penelitian perilaku orangutan di sini. Pada akhirnya, Camp Leakey telah menjadi rilisan orangutan, ± 200 orangutan telah dirilis di Taman Nasional Tanjung Puting. Pada tahun 1995, pemerintah Indonesia telah melarang pelepasan orangutan di hutan yang memiliki populasi orangutan liar seperti Taman Nasional Tanjung Puting. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan di Camp Leakey sekarang hanya dibatasi penelitian dan makan dari mantan rehabilitasi orangutan (pemberian makan orangutan pukul 2:00)
Camp Leakey adalah tujuan utama turis yang mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting. Camp Leakey kunjungan pariwisata singkat untuk melihat rehabilitan orangutan baik liar dan semi liar. Camp Leakey ditunjuk menjadi zona manfaat khusus sebagai penelitian dan orangutan melepaskan tempat di Taman Nasional Tanjung Puting daerah. Tempat ini telah terkenal oleh turis dan peneliti bidang karena itu adalah tempat bersejarah bagi peneliti orangutan.

Kamis, 14 Juli 2016

Tanjung Puting

Orangutan adalah spesies terbaik yang membuat taman nasional terkenal di seluruh dunia. Selain itu, Anda dapat melihat bekantan (monyet besar yang ditemukan di Borneo Kalimantan Tengah), monyet ekor panjang, siamang, buaya dan burung (seperti burung enggang, kingfishers, mynas, darters oriental, dan lebih dari 220 jenis burung. Ada primata lain yang kita bisa melihat tapi tidak setiap kali kita bisa melihat mereka. mereka adalah monyet merah daun, tarsius, lories lambat dan babi kera ekor. dan juga hewan lain suka beruang dan babi hutan. orangutan tanjung puting
Ada tiga stasiun di taman nasional. Mereka TANJUNG HARAPAN (stasiun pertama), PONDOK Tanggui (stasiun kedua), dan Camp Leakey (stasiun ketiga). Ada reboisasi, Pesalat, dan desa, SEIKONYER.

Dayak

Dayak adalah salah satu suku asli Kalimantan yang sangat terkenal karena unik akan budaya etnis, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara asing. Suku Dayak dikenal sebagai suku yang memiliki warisan magis yang kuat. Spiritual menjadi simbol karakteristik khusus dari masyarakat adat yang tinggal di tanah Borneo ini.
Dan suku Dayak yang akan dikunjungi adalah suku Dayak di Kalimantan Tengah yang masih mempertahankan tradisi dan hutan asli.

sumber: www.orangutantanjungputing.com

Tanjung Harapan

Tanjung Harapan merupakan stasiun pertama Taman Nasional Tanjung Puting. Pada awalnya, Tanjung Harapan adalah rehabilitasi dan karantina orangutan. Tapi sekarang, Tanjung Harapan difungsikan sebagai lokasi ekowisata di mana aktivitas makan orangutan ex-rehabilitan sebagai daya tarik utama.Pemberian Makan di stasiun ini akan dilakukan pukul 15:00.
DESA SEIKONYER
Desa Seikonyer adalah sebuah desa di mana orang Melayu hidup. Terletak di seberang dari Tanjung Harapan. Sebelum itu, desa Sekonyer di daerah Taman Nasional Tanjung Puting , dan kemudian di tahun 1975, itu dipindahkan ke luar dari daerah Taman Nasional Tanjung Puting. Sejak tahun 2007, desa Sekonyer didirikan sebagai jenis desa Konservasi yang dilatih oleh Asosiasi Taman Nasional Tanjung Puting.
Selain sapi meningkat, bantu pertanian dan kerajinan, Asosiasi Taman Nasional Tanjung Puting telah memberikan empat bantu home stay untuk mendukung layanan akomodasi bagi pengunjung. Dengan ini, masyarakat setempat berharap mampu membaca peluang usaha yang bisa ditangkap oleh situasi kegiatan wisata melintasi desa mereka, sehingga mereka tidak hanya menjadi objek pariwisata.

Pondok Tanggui

Pondok Tanggui adalah stasiun kedua Taman Nasional Tanjung Puting. Ini didirikan sebagai zona manfaat khusus. Bedanya dengan Tanjung Harapan (zona manfaat intensif) pada intensitas kegiatan wisata. Selain itu, fasilitas buatan yang dibangun juga lebih terbatas daripada zona manfaat intensif.
Pada awalnya, Pondok Tanggui adalah daerah rehabilitasi orangutan muda yang telah siap menjadi penelitian bebas dan orangutan. Tapi sekarang, tidak ada rehabilitasi lagi, hanya untuk pariwisata (pemberian makan orangutan pukul 9:00).

Pesalat

Pesalat adalah tempat reboisasi. Terletak antara Pondok Tanggui dan Tanjung Harapan. Ada banyak obat hutan tradisional di sini. Orang dapat mengadopsi bibit dan tanaman mereka di sini. Benih endemik Pesalat. Benih yang ditanam akan menghasilkan banyak buah-buahan yang dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi hewan di hutan, terutama orangutan.